Senin, 19 September 2016

Mengenal Berbagai Bahan Pembuat Boneka

Mengenal Berbagai Bahan Pembuat Boneka


Mungkin kamu sering bingung ketika memilih boneka lucu khususnya secara online, bagaimana bahannya terasa di tangan, bagaimana kualitas bahannya? Untuk menjawab kesulitan kamu dalam mengira bahan boneka yang di gunakan dan juga mengira seperti apa wujud boneka ketika di sentuh dalam artikel kali ini Galeri Boneka ingin memberikan sedikit pengetahuan untuk kamu tentang apa saja sih macam-macam bahan untuk membuat boneka.

Tidak ada salahnya kita menambah pengetahuan ini supaya kamu lebih mantap dalam berbelanja boneka, yuk kita cek berbagai macam bahan boneka :

Bahan Luar : 

Bahan Rasfur

Bahan kain rasfur untuk boneka

Bahan boneka ini terasa lembut dan halus ketika di sentuh. Ciri bahan Rasfur adalah mempunyai bulu panjang dengan serat bulu satu-per satu. Bahan ini tergolong mahal jika di bandingkan bahan boneka lainnya. Bulu dari bahan Rasfur ini bervariasi dari yang pendek sampai panjang tergantung kebutuhan dan harga yang di inginkan. Kami sering menyebutnya bahan bulu panjang untuk boneka yang menggunakan bahan Rasfur ini.

Contoh boneka dengan bahan Rasfur : Boneka Teddy Little Bear Ukuran Large ( BT - 29 )

Bahan Snail 

bahan boneka kain snail

Bahan kain boneka ini terasa lembut bila di pegang. Ciri khas bahan ini mempunyai bulu melingkar mirip seperti rumah keong, maka dari itu bahan ini di sebut bahan snail atau dalam bahasa Indonesia berarti keong. Sebagian orang ada juga yang menggolongkan bahan Snail ini masuk dalam bahan Rasfur berbulu keriting, bahan ini biasanya di jadikan bantal, kasur atau bisa juga boneka.

Contoh boneka dengan bahan Snail : Boneka Pinguin Pink ( HK - 122 )

Bahan Yelvo 

Bahan boneka kain yelvo

Bahan Yelvo ini mempunyai ciri bulu yang pendek dan halus, tidak seperti bahan rasfur yang setiap serat bulunya terlihat satu per satu, bahan Yelvo ini mempunyai serat bulu yang sangat halus. Harga bahan Yelvo ini termasuk yang paling mahal untuk golongan bahan bulu halus tetapi tidak semahal Rasfur. Kami sering menyebutnya bahan bulu halus untuk boneka yang kami jual dengan bahan yelvo.

Bahan Velboa 

bahan boneka kain velboa

 Bahan velboa hampir mirip seperti Yelvo tetapi tidak sehalus bahan Yelvo. Harga bahan velboa berada di bawah bahan Yelvo, bahan velboa ini sangat umum di jadikan bahan untuk membuat boneka maupun bantal.

Contoh boneka dengan bahan Velboa : Boneka Tangan Roumang Burung Hantu ( HK - 123 )

Bahan Nylex 

Bahan boneka kain nylex

Bahan Nylex mempunyai tekstur seperti velbia tetapi tidak sehalus velboa, bahannya cenderung lebih kasar apabila di sentuh. Untuk harga memang bahan ini paling ekonomis di antara bahan-bahan lainnya. Karena harganya yang murah bahan ini cocok untuk menekan biaya produksi boneka yang pada akhirnya bisa menekan harga boneka.

Contoh boneka dengan bahan Nylex : Boneka Gajah Kuning ( HK - 36a )

Bahan Faux 

Bahan boneka kain faux

Bahan Faux ini biasanya tidak tersedia di pasaran lokal, untuk mendapatkan bahan ini seringkali harus di impor dari luar. Tekstur bahan ini terasa sangat halus apabilsa di pegang, apabila di lihat bulunya terlihat sangat halus dan lembut sehingga menghasilkan boneka yang terlihat berkualitas. Bahan ini tergolong awet apabila di simpan dalam jangka waktu lama. Harganya lebih mahal di banding bahan yang sudah tersedia di pasaran lokal seperti Rasfur dll. Karena itu boneka yang menggunakan bahan ini biasanya mempunyai harga jual yang lebih tinggi.

Contoh boneka dengan bahan Faux : Boneka Teddy Bear Putih Ukaran Besar ( BT - 1558 )

Bahan Mohair 

Bahan boneka kain mohair

Bahan mohair ini seperti bahan Faux, biasanya tidak tersedia di pasaran lokal sehingga harus impor dari luar. Bahan mohair ini mempunyai bulu lebih panjang dan lebih tebal daripada bahan Faux. Texturnya lembut dan licin karena intu bahan mohair ini enak untuk di pegang. Bahan ini biasanya di gunakan untuk boneka Teddy Bear impor, karena itulah mengapa teddy bear yang berasal dari pasaran luar harganya jauh lebih tinggi.

Contoh boneka dengan bahan Mohair : Boneka Teddy Bear Cream Impor ( BT - 14511 )

Bahan Dalam : 

Setelah membahas bahan luar boneka, sekarang kita akan membahas bahan untuk mengisi bagian dalam boneka, bahan-bahan ini tidak bisa di anggap remeh lho, karena bahan inilah yang akan membentuk boneka setelah di isi. Berikut berbagai macam bahan isi boneka yang paling umum di gunakan :

Bahan Dacron 

isi boneka dacron

Bahan dacron adalah serat sintetis yang aslinya bernama Polyethylene terephthalate yaitu suatu resin polimer plastik termoplast dari kelompok poliester, Dacron ini sebenarnya merek dagang sebuah perusahaan untuk bahan ini lho, tetapi karena sudah sangat terkenal maka bahan ini umum di sebut Dacron. Bahan dacron ini sangat umum kita temui tidah hanya untuk mengisi boneka tetapi juga bantal, guling dan sebgainya. Untuk mencuci boneka yang menggunakan Dacron sebagai isiannya juga cukup mudah, kita bisa mencuci semuanya sekaligus ataupun mengeluarkan dalamnya kemudian mencuci secara terpisah.

Contoh boneka dengan bahan isian Dacron : Boneka Gorilla Pink ( HK - 1515 )

Plastic Pellet 

isi boneka pelet plastik

Pernah memegang boneka yang berisi seperti pasir dan lebih berat? Jika kamu pernah berarti boneka itu di isi dengan Plastick Pellet atau ada yang penyebutnya Poly Pellet. Boneka dengan isi pelet plastik ini mungkin lebih jarang kamu temui, karena harganya yang terbilang mahal. Biasanya bahan ini di gunakan untuk mengisi dasar boneka sebagai pemberat agar lebih mudah berdiri atau bisa juga di isi seluruhnya dengan pelet plastik. Untuk mencuci boneka ini tidak boleh sembarangan karena bisa beresiko bahan luar sobek dan menghamburkan seluruh isi pelet plastik di dalamnya. Caranya cucilah dengan mesin cuci menggunakan kecepatan rendah atau cuci dengan menggunakan tangan dan sikat.

Kain Perca 

Kain perca isian boneka

Ciri-ciri Boneka yang menggunakan isian kain perca biasanya lebih padat dan lebih berat daripada boneka yang menggunakan isi dacron. Kain perca biasanya di gunakan untuk menekan biaya pembuatan boneka, karena kain perca bisa di dapatkan dengan sangat murah dari sisa kain industri garment. Terkadang ada juga yang menyebutkan dengan isian limbah, tetapi walaupun isinya murah tidak serta-merta mengurangi tampilan dari bonekanya, lho.

Oh ya, di etalase boneka lucu, kami hanya membagi bahan boneka ke dalam 2 bahan yaitu bahan bulu panjang dan bulu halus, karena banyak orang yang sangat awam dan bingung tentang bahan boneka. Tapi dengn membaca artikel ini kamu bisa mengetahuinya lewat foto yang kita tampilkan, semua foto adalah foto asli barang yang kita jual. Jika kamu ingin mengetahui info lebih lanjut tentang bonekanya bisa menghubungi kami lewat SMS / Whatsapp / BBM / Email.

Nah sekarang kamu sudah tahu apa saja sih bahan untuk membuat boneka lucu yang akan kamu beli untuk kamu maupun hadiah ulang tahun, semoga sekarang kamu bisa lebih mantap membeli boneka lucu di toko kami.

Yuk kita mulai belanjanya sekarang juga ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar