Senin, 19 September 2016

sejarah Boneka dari masa ke masa

2013

Boneka dari masa ke masahttps://bonekamurahlucu.wordpress.com/tag/sejarah-boneka/

Boneka bisa dikatakan sebagai mainan paling tua di dunia. Pada mulanya, boneka lebih banyak digunakan dalam hal ritual keagamaan, religius. Misalnya sebagai properti dalam ritual keagamaan, boneka perempuan berdada dan berpinggul montok sebagai lambang kesuburan wanita, juga ada boneka yang sengaja dibuat dan disimpan para gadis Yunani zaman dulu hingga menjelang pernikahan mereka.
boneka 2000SM
Masa 3000-600 SM
Di masa ini, boneka umumnya terbuat dari tanah liat, tulang, patahan kayu atau ranting. Fungsinya lebih banyak digunakan dalam upacara ritual keagamaan. Seperti misalnya di Yunani dan Romawi Kuno.
Masa Abad ke-5 
Pada abad pertengahan ini, boneka mulai ada yang terbuat dari kayu. Fungsinya sudah lebih berkembang misalnya sebagai simbol keluarga suci dalam perayaan Natal di Meksiko
                    gambar diambil dari sini
Masa Abad ke-14
Boneka modern mulai muncul di Eropa. Bentuknya sangat berbeda dengan boneka yang ada sebelumnya. Wajahnya cantik dan halus seperti manusia, serta berdada. Pada zaman ini boneka tidak lagi bersifat ritual, tetapi lebih banyak untuk mode. Untuk itu, boneka menggunakan baju atau gaun dan rambut yang benar benar mirip dengan mode pada zaman itu. Tak jarang para bangsawan menggunakan boneka untuk memamerkan sekaligus memopulerkan boneka di negara mereka.
Masa Abad ke-15
Mulai zaman ini, boneka dibuat untuk tujuan komersial. Fungsinya pun bergeser dari ritual dan mode menjadi mainan. Dalam sejarah tercatat, pembuat boneka secara komersial pertama berada di Jerman. Bersamaan dengan itu serikat pekerja pembuat boneka terbentuk sehingga terdapat aturan standar dalam membuat dan memasarkan boneka. Penampilan boneka-boneka yang diproduksi di Jerman semasa itu umumnya seperti wanita Jerman sesunguhnya. Bahan seperti kayu, tanah liat dan potongan kain masih digunakan
Masa Abad ke-16 hingga ke-19
Perkembangan boneka menjadi semakin cepat. Para pembuat boneka saling adu kemampuan untuk membuat yang terbaik. Oleh karena itu, berbagai karakter boneka bermunculan di pasaran. Bahan yang digunakan pun semakin beragam, misalnya menggunakan bahan soft leather, karet, porselin, keramik, selluloid maupun lilin agar lebih menyerupai manusia. Rambut boneka pun bahkan ada yang terbuat dari rambut manusia asli. Elemen wajah nya pun dibuat semakin mirip manusia asli. Ada yang berlesung pipit, berdagu belah, mulut terbuka hingga terlihat giginya. Ada pula boneka yang dapat mengeluarkan suara seperti ‘mama’, ‘papa’, ada juga yang dapat menangis, tertawa ataupun mengompol.
Masa Abad ke-20
Pada zaman ini, boneka boneka di pasaran kebanyakan terbuat dari plastik dan vinil. Kelebihan boneka tidak hanya dalam ekspresi tetapi juga style. Contohnya Barbie yang muncul tahun 1959 diciptakan oleh Ruth Handler. Boneka remaja tersebut memiliki aksesoris, baju dan perlengkapan yang bermacam-macam, dan rambutnya bisa dicuci, ditata atau disisir sama seperti rambut manusia. Meski boneka modis ini bukan berarti sama dengan boneka modern yang muncul di Eropa. Fungsinya saja sudah beda. Kalau dulu menjadi patokan mode, sekarang hanya sekedar mainan.
RESELLER TOYS MAINAN, BONEKA TANGAN MOTHERCARE MIX 8MOTIF, GROSIR-250x250-500x500
                                                      Sumber gambar dari sini
Dan akhirnya sekarang, seperti kita katehui, jenis boneka menjadi semakin beragam. Boneka yang terbuat dari kain menjadi salah satu yang menjadi favorit. Dengan aneka jenis boneka yang ada, semakin banyak pilihan mainan bagi anak-anak jaman sekarang untuk bermain, maupun sarana orang tua untuk pendidikan anak. Misalnya sebagai media bercerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar